Program Latihan Sepak Bola Usia Dini Lengkap - Skor Bola Live Skor Bola Live Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Bundes Liga, Champions

Bintang Sepak Bola Dunia,Berita Bola Terbaru,Liga Inggris,Liga, Spanyol,Eropa


Bandar Online Terpercaya

Program Latihan Sepak Bola Usia Dini Lengkap

Program latihan sepak bola usia dini lengkap – Sepak bola bisa jadi adalah cita-cita anak muda di era saat ini. Terkesan keren dan berpenghasilan besar, sepak bola menjadi idola baru bagi generasi selanjutnya. Hal ini pun bukan merupakan kejutan. Mengingat, setiap orang sudah mengenal tentang dunia sepak bola.

Bagi mereka yang benar-benar yakin dan sudah mantap bercita-cita sebagai pemain sepak bola, maka membutuhkan yang namanya program latihan sepak bola usia dini lengkap. Tanpa ada latihan khusus, maka mereka yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola handal akan mengalami kendala.

Sehingga, tidak mengherankan jikalau bermunculan Sekolah Sepak Bola (SSB). Hal ini bertujuan memfasilitasi anak-anak dengan minat dan bakat di dunia sepak bola. Di sekaolah sepak bola, seorang anak tidak hanya diajarkan teknik dasar bermain sepak bola, tetapi bagaimana memenuhi kebutuhan fisik.

Selain latihan fisik, serang pemain sepak bola muda membutuhkan power, kecepatan, kelenturan, daya tahan, dan kelincahan. Bilamana ini dilatih sejak dini, maka penampilannya di lapangan pun akan terbilang lebih baik dibanding sebelumnya.

Untuk itu, berikut ini panduan program latihan sepak bola usia dini lengkap:

Usia 10 sampai dengan 12 tahun

Program Latihan Sepak Bola Usia Dini Lengkap

Di usia yang tergolong masih muda ini, seseorang diajarkan untuk melakukan latihan fisik ringan. Tujuannya, untuk menjaga daya tahan dan power. Latihan jenis ini yaitu menjaga daya tahan berupa lari interval.

Bentuknya pun amat sangat ringan, seperti joging 1 menit kemudian sprint 5 detik selama 5 menit atau bisa juga dengan joging disela – sela permainan, atau joging gnashing your teeth country.

Untuk membentuk power, seorang anak melakukan latihan lari sirkuit dengan intensitas ringan dan durasi maksimal 15 menit. Meski terbilang ringan, bagi anak usia 10 hingga 12 tahun hal ini cukup berat.

Usia 13 sampai dengan 15 tahun

Program Latihan Sepak Bola Usia Dini Lengkap

Di usia ini, anak mulai diajarkan melakukan latihan interval yang disisipi dengan sedikit sesi latihan anaerob. Latihan anaerob bertujuan untuk melatih teknik pernafasan otot, bukan hanya kemmapuan oto. Sehingga, di saat bermain, seorag anak lebih kokoh mempertahankan bola.

Dari segi latihan lari interval, anak berusia 10 sampai 12 tahun mendapatkan porsi intensitas dan durasi sedikit lebih lama, yaitu selama 2 – 3 menit putaran dalam waktu 15 menit. Selain itu, bisa pula ditambahkan latihan gerakan lain.

Oleh karena di usia 13 hingga 15 tahun, seorang anak berada pada masa pertumbuhan, sehingga amat baik bila rajin latihan fisik. Latihan fisik yang dilakukan yaitu fokus pada latihan fleksibilitas dan akurasi gerak.

Latihan bisa dikombinasikan dengan latihan fisik dengan variasi – variasi streching atau gerak samba. Durasi latihan ini bisa diperbanyak dengan cara lari sirkuit berintensitas ringan.

Usia 15 sampai dengan 17 tahun

Program Latihan Sepak Bola Usia Dini Lengkap

Di usia ini, latihan lebih rumit di banding usia-usia sebelumnya. Misalnya, di usia ini, lari interval dilakukan dengan mengombinasikan gerak spesifik dalam sepak bola, seperti menendang, heading, passing, dan gerakan lainnya.

Latihan daya tahan pun di ajarkan pula. Caranya, dengan melakukan permaianan sesuai dengan tema dan determinasi yang diatur oleh pelatih.

Khusus dari sisi latihan fisik, usia mendapat porsi lebih besar dibanding sebelumnya. Anak usia 15 sampai 17 tahun dilatih memperkuat otot secara seimbang, terutama pada bagian otot perut, latihan otot mulai dari otot yang paling atas hingga yang paling bawah.

Koordinasi gerak pun teramat penting. Mengingat, pada usia ini seorang pemain sudah dihadapkan oleh kompetisi yan cukup ketat. Sehingga, dibutuhkan latihan yang optimal di sesi latihan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *