Pola Pertahanan dalam Sepak Bola - Skor Bola Live Skor Bola Live Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Bundes Liga, Champions

Bintang Sepak Bola Dunia,Berita Bola Terbaru,Liga Inggris,Liga, Spanyol,Eropa

Skor Bola Live Hari Ini

Bandar Online Terpercaya

Pola Pertahanan dalam Sepak Bola

Pola pertahanan dalam sepak bola – Sebanyak apapun jumlah gol yang dicetak, itu takkan berarti bila banyak gol pula bersarang di gawang sendiri. Sepak bola merupakan permainan menendang bola dengan banyaknya jumlah gol sebagai indikator penentu kemenangan.

Perihal pertahanan, sebagian besar tim sepak bola tak begitu menghiraukannya. Kebanyakan fokus pada penyerangan. Tidak heran bila kemenangn sulit didapatkan oleh klub bersangkutan.

Pola pertahanan dalam sepak bola memiliki beberapa kriteria. Tujuan hal ini yaitu merampas bola dan mempertahankan wilayah sehingga lawan tidak bisa memasukkan bola ke gawang. Pola pertahanan umum dipergunakan saat terjadi serangan dari pihak lawan.

Lawan pasti tak segan menekan demi memenangkan permainan. Posisi seperti demikian sering disebut sebagai situasi tertekan(pressing). Di dasarkan dari cara melakukannya, berikut ini pola pertahanan dalam sepak bola:

Pola pertahanan dengan “ Man to Man “

Merupakan jenis pertahanan dengan menitip beratkan pada setiap pemain. Masing-masing pemain memiliki andil guna mengamankan setiap jengkal wilayahnya. Man to man diartikan sebagai cara bertahan satu lawan satu. Setiap pemain yang berada di wilayah pertahanan harus dikawal.

Pemain lawan mendapat kawalan ketat kemanapun ia pergi. pergerakan pemain lawan terus diikuti oleh pemain bersangkutan. Bilamana pemain lawan keluar dari baris pertahanan, maka ia akan dilepas. Meski begitu, sang pemain harus selalu mengawasi pemain sasaran. Setiap kali pemain bergerak ke arah barisan pertahanan, maka ia harus sigap merespon.

Di lain sisi, setiap pemain pun setidaknya juga sigap dengan pemain lawan lainnya. Ini menjaga agar pemain lawan tak mengambil kesempatan di daerah pertahanan. Pola pertahanan seperti demikian diterapkan dengan syarat tertentu, seperti berteknik mumpuni dan fisik yang baik dan prima.

Pola pertahanan daerah ( Zone Marking)

Pola pertahanan Zone Marking merupakan bagian dari pola pertahanan dalam sepak bola. Pola pertahanan ini menitikberatkan di daerah pertahanan sendiri dengan menggunakan bentuk formasi sebagai senjata.

Adapun prinsip pola bertahan seperti demikian, yaitu:

  • Dibutuhkan kerjasama tim yang baik.
  • Dapat menghambat gerakan pemain penyerang.
  • Mengamankan daerah pertahanan dari tekanan serangan lawan.
  • Pola pertahanan harus berlapis sehingga sulit ditembus penyerang lawan
  • Pola penyerangan harus membentuk formasi yangkokoh.
  • Pertahanan harus dapat mendorong pemain lawan untuk kembali kedaerah sendiri.

Guna mendapatkan hasil memuaskan, setiap tim setidaknya berlatih secara konsisten. Ini bertujuan agar segala komposisi tim di tiap zona bisa di-marking secara maksimal. Apabila tidak, maka pihak lawan berkesempatan membobol gawang dengan beberapa kali sentuh saja.

Pola pertahanan Kombinasi “ Man to Man & Zone Marking”

Sepak Bola Indonesia Di Mata Dunia

Jenis ini merupakan pola pertahanan yang banyak dipakai. Meski begitu, pola pertahanan seperti demikian sering kali melelehkan bagi tiap pemain. Selain harus konsentrasi pada posisi, setiap pemain diwajibkan selalu tepat waktu berada di posnya. Hingga saat ini, beberapa tim Spanyol dan Jerman yang baru mampu mengaplikasinnya.

Pola pertahanan ini merupakan jenis pola pertahanan kompleks. Setiap pemain dituntut menjaga lawan yang sering kali berpindah tanpa komando. Bilamana pemain lawan berada jauh dari jangkauannya, maka tugasnya diserahkan kepada teman yang berposisi lebih dekat.

Pertahanan seperti demikian berhasil bilamana setiap pemain mampu berkoordinasi dengan baik. Selain itu, tanggung jawab akan tugas antarpemain pun diharapkan harus terpatri secara kuat. apabila pemain lengah, maka ia akan mendapatkan serangan mematikan dari lawan.

Dari pemaparan beberapa jenis pola pertahanan yang sudah disebutkan sebelumnya, menciptakan pola pertahanan dalam sepak bola bukan sesuatu yang mudah. Alih-alih fakta seperti demikian, kekompookan tim bisa menjadi pilihan lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *