Formasi dalam Permainan Sepak Bola - Skor Bola Live Skor Bola Live Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Bundes Liga, Champions

Bintang Sepak Bola Dunia,Berita Bola Terbaru,Liga Inggris,Liga, Spanyol,Eropa

Skor Bola Live Hari Ini

Formasi dalam Permainan Sepak Bola

Formasi dalam permainan sepak bola – Sepak bola bisa memengaruhi ratusan juga penonton. Kebanyakan dari mereka tak segan menghabiskan dana besar demi melihat tim kesayangan. Salah satu faktor kenapa mereka begitu antusias, yaitu dari sisi kualitas tim favorit. Setiap tim favorit memiliki ciri khasnya sendiri. Entah dari sisi pemain, strategi, atau bahkan sejarah.

Banyak alasan kenapa para pecinta sepak bola sangat gemar sekali. Ada banyak pula kemungkinan lain selain penjelasan di atas. Salah satunya yaitu formasi dalam permainan sepak bola. Permainan sepak bola menampilkan berbagai atraksi yang mengesankan. Sehingga, semua orang, tidak penulis usia bahkan jenis kelaminnya, selalu gemar melihat permainan sepak bola.

Untuk lebih jelas, berikut ini penjelasan mengenai formasi dalam permainan sepak bola:

4-4-2

Formasi dalam Permainan Sepak Bola

Jenis formasi yang satu ini menjadi sangat populer. Hingga saat ini, formasi jenis ini masuk ke dalam formasi dalam permainan sepak bola paling sering digunakan. Sehingga, tidak mengherankan jikalau klub-klub besar cenderung menggunakan taktik ini.

Beberapa pengamat sepak bola mengatakan bahwa formasi ini merupakan formasi paling dinamis. Ketika digunakan, formasi ini menempatkan 4 pemain bertahan, 4 pemain tengah, dan 2 pemain penyerang. Sehingga, sebuah klub akan menampulkan permainan yang stabil.

Selain paling dinamis, formasi 4-4-2 ini merupakan formasi sepak bola paling dasar dan standar. Meski begitu, di era-90an sebagian besar klub Italia, khususnya Milan, merajai tanah Eropa dengan teknik yang satu ini. Formasi ini sangat kuat di saat bertahan. Selain itu, dari sisi penyeranganpun mereka sangat sigap.

3-5-2

Formasi dalam Permainan Sepak Bola

Beberapa klub besar kedapatan menggunakan formasi yang satu ini. 3-5-2 merupakan salah satu bagian dari formasi dalam permainan sepak bola terbaik sepajang masa. Alasannya, formasi ini berhasil mengantarkan klub-klub besar di tahta juara. Sebut saja seperti Juventus.

Dan, Juventus era Antonio Conte merupakan bukti keefektivitasan formasi ini. Kunci dari formasi ini, yaitu ada di 3 pemain belakang yang harus sejajar dan sama kuat. Selain itu, pemain tengah dituntut selalu pandai dan cerdas. Khususnya, ketika ia mengatur pola serangan (deep lying playmaker).

Selanjutnya, pemain sayap kiri dan kanan akan mendapat tugas bersifat fleksibel. Tidak seperti beberapa tahun lalu. Pemain sayap selalu menerobos dari sayap. Di formasi ini, pemain sayap kiri dan kanan dituntut memiliki kecepatan dan fisik kuat.

Alasannya, pemain sayap bertugas mengumpan bola ke depan dan sekaligus membantu pertahanan kala lawan menyerang. Terlihat bertumpu pada pemain sayap. Formasi ini menjadi salah satu jenis formasi paling ideal dan bisa dimanfaatkan untuk mendulang kemenangan.

4-3-3

Formasi dalam Permainan Sepak Bola

Formasi ini identik dengan taktik menyerang. Salah satu klub besar mengimplementasikan formasi ini, yaitu Barcelona era Pep Guardiola. Formasi ini pun terbilang sebagai salah satu taktik efektif mengacak-acak pertahanan lawan.

Bermodal 3 penyerang, dua pemain tengah, dan dua pemain bertahan kiri dan kanan, sebuah tim mudah sekali mengobrak-abrik pertahanan lawan. Formasi ini terdiri dari 2 pemain bertahan fokus terhadap pertahanan saja, 2 pemain belakang kiri dan kanan sipa sedia membantu serangan, dan 3 pemain tengah mengatur pola serangan.

Masih ada lagi, tiga pemain penyerang saling bant-membantu penyerangan. Sayangnya, formasi ini memiliki sisi kelemahan di bagian pertahanan. Apabila bertemu lawan dengan kemmapuan menyerang efektif, maka tim ini berformasi ini ditekuknya dengan mudah.

Itulah tadi beberapa formasi dalam permainan sepak bola terbaik di tahun 2016. Menurutmu, mana formasi andalan yang tetap berjaya hingga saat ini?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *